Saturday, November 27, 2021
Home Bisnis Cara Membangun Tim Penjualan Yang Andal

Cara Membangun Tim Penjualan Yang Andal

Penjualan merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan, tanpa penjualan tidak akan hidup perusahaan, kecuali perusahaan mungkin atau tidak mencari keuntungan. Seorang penjual tenaga memiliki peranan yang sangat besar dalam proses penjualan. Harapannya, seorang tenaga penjual yang handal siap berjihad melakukan penjualan dengan baik untuk mencapai target dan bahkan melampaui tujuan serta memiliki sentuhan iklan agar semua yang disentuhnya menjadi emas, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Mengapa ada seorang tenaga penjual (Sales) yang begitu hebat sehingga mampu mencapai tujuan, namun ada juga yang tergopoh-gopoh untuk mencapai tujuan dan lebih sering tidak mencapainya. Perbedaan tersebut memunculkan pertanyaan, ‘Dimanakah letak kesalahannya?’ Apakah karena target yang terlalu tinggi, produk yang ditawarkan kurang bagus, kemasannya yang kurang menarik, ataukah tidak pernah ada iklan sama sekali ???

“Ketekunan mengalahkan kepintaran”

Jadi bertekadlah, suatu saat Anda bisa mengambil celah celah keuntungan dengan fokus strategi periklanan pada komunitas yang sesuai dengan segmentasi produk Anda.

Dari Intisari diatas merupakan pelajaran periklanan yang bisa kita pelajari dari orang-orang yang menginspirasi, khususnya bagi para pengusaha dengan tujuan menukarkan nilai tambah yang ada sebanyak mungkin pembeli, sesering mungkin sehingga menguntungkan dan menjual untung. Ini sebuah usaha bukan berarti semua kegiatan harus dikerjakan sendiri seolah-olah Anda bisa menjadi direktur, tenaga penjualan dan tenaga keuangan serta penentu strategi untuk mewujudkan. Jika semua pekerjaan dilakukan sendiri maka bisa terjadi kelebihan pekerjaan sehingga malah semua tidak terselesaikan. Untuk itu anda perlu membangun sebuah tim penjualan dalam bisnis. Tim penjualan bisnis yang handal inilah yang akan memberikan sentuhan untuk dapat mengubah sesuatu menjadi sesuatu dari orang-orang yang memahami secara terbaik untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda. Pasti hal itu bisa diwujudkan dengan memahami tipe kepribadian mereka melalui pendekatan ‘DISC’yaitu :

Dominasi => Dominasi

Pengaruh => Pengaruh

Kemantapan => Ketekunan

Kepatuhan => Ketaatan

Pendekatan ini disusun berdasarkan website influenzive media influencer indonesia teori humanistik yang bersumber dari analisis gejolak-gejolak pemikiran dan perasaan seseorang untuk memutuskan atau mengambil tindakan. Dengan memahami tipe kepribadian tim penjualan melalui pendekatan DISC ini akan mempermudah kita untuk mengembangkan mereka semaksimal mungkin sesuai dengan kepribadiannya. Kerjasama antar tim penjualan merupakan elemen penting yang sangat dibutuhkan bila kita ingin mencapai suatu hasil yang sempurna dalam goal penjualan. Tidak peduli apakah Anda seorang bos, karyawan, atau profesional sekalipun, bila Anda mengetahui cara untuk membuat suatu peningkatan pada perusahaan tersebut, Anda akan mampu mendapatkan hasil yang luar biasa. Keahlian dalam me-manipulate kerjasama ini jelas sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, tentunya dengan orang-orang yang tepat.. Bila Anda memiliki kesempatan untuk memilih sendiri tim penjualan Anda, analisislah kekuatan dan kelemahan mereka untuk memastikan Anda mendapatkan kombinasi keahlian yang terbaik. Kelilingi diri anda dengan orang-orang yang handal dan hati-hati untuk memilih duplikat (clone) dari diri anda sendiri. Keanekaragaman itu bagus bila masing-masing individu memiliki kemauan untuk menentukan dan membuat dirinya selalu menunjukkan kinerja terbaiknya sesuai dengan kata pepatah ‘Cara Diri Sendiri Menentukan Prilaku Orang Lain’.

Banyak tantangan dan masalah yang akan muncul bila Anda sedang membangun sebuah tim penjualan yang orang-orangnya tidak memiliki minat untuk membentuk satu dengan lainnya. Ujian sebenarnya dari keahlian manajemen Anda adalah untuk menciptakan suatu lingkungan atau suasana, di mana setiap individu untuk bekerja secara kooperatif dan kolaboratif. Kembangkan kru kerja tim penjualan yang efektif dan Anda akan memberikan motivasi tentang produktivitas, kualitas, dan loyalitas. Bagilah visi anda, dan hints-suggestions berikut mungkin bisa membantu anda dalam membangun dan mendukung kerjasama tim yang lebih baik.

Berikut adalah ‘Cara Membangun Tim Penjualan yang Handal’

1. Rekrutlah Orang-Orang Terbaik Menurut Anda

Dalam membangun sebuah tim penjualan, maka diperlukan Sumber Daya Manusia yang handal pula. Dari Sumber Daya Manusia inilah yang akan membantu anda dalam membangun dan mengembangkan usaha anda. Anda sebagai pemilik perusahaan bisa merekrut Sumber Daya Manusia sesuai dengan keinginan dan kriteria yang diinginkan serta sesuai dengan pendidikan yang relevan atau berdasarkan pengalaman yang dimiliki.

2. Sesuaikan Dengan Tugas dan kemampuan

Menentukan posisi dalam sebuah tim, pemilik perusahaan harus dapat menyesuaikan dan menentukan berbagai kriteria Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan. Penyesuaian ini akan memberikan kemudahan dalam mengukur tugas dan kemampuan yang disyaratkan dalam pekerjaan yang akan dilakukan. Setelah berjalan maka pemilik dapat melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan sesuai dengan posisi dan kemampuannya terhadap target yang telah ditentukan. Oleh karena itu, pemilik perusahaan pun bisa melakukan rotasi jika karyawan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

3. Miliki Visi yang Sama dan Komitmen

Pemilihan karyawan yang akan memilih tim penjualan yang akan dipilih harus dipilih, sebagai usaha pemilik bisa mencari karyawan yang visinya sama dengan anda dan memiliki komitmen Sebagai rambu-rambu menuju kesuksesan menjual berkaitan dengan pengembangan usaha yang dimiliki. Komitmen pada diri sendiri, pada perusahaan juga pada pelanggan. Komitmen pada diri sendiri akan mampu mengarahkan tim penjual tetap pada tujuan awal. di tengah perjalanan menuju sukses, banyak rintangan yang menghambat perjalanan sukses, kita akan mengarah pada tujuan awal. Komitmen pada perusahaan akan memberikan loyalitas dan integritas kerja. Komitmen pada pelanggan, akan menumbuhkan dan membangun kepercayaan calon pembeli.

4. Buat Jenjang Karir yang Jelas

Karyawan yang bekerja disebuah lembaga atau instansi pasti menginginkan sebuah jenjang karir yang jelas, maka sebaiknya pemilik perusahaan merumuskan sebuah jenjang karir walaupun sederhana sesuai dengan yang ditargetkan pada tim penjualan tersebut. Karir merupakan impian semua karyawan yang bisa menjadi salah satu motivasi dan peningkatan mereka dalam bekerja.

5. Selamat bersenang-senang

Bangun semangat yang ada di dalam tim untuk selalu dapat memberikan energi yang tinggi dan semangat untuk terus bersatu. Sediakan waktu untuk tertawa bersama dan ciptakan suasana yang sesantai mungkin. Tidak ada tujuan yang dapat dicapai dengan mudah bila suasana kerja sama selalu berada dalam keadaan tegang.

Terakhir yang penting adalah terus menerus memberikan inspirasi kepada semua anggota tim Anda. Bila anda berbicara tentang hal apa pun yang berhubungan dengan tim, gunakanlah kata “kita” dan bukan kata “saya”. Satu semangat perubahan untuk kita semua sebagai ‘Tim Penjualan yang Handal’.

“Hadapi, Hayati, Nikmati dan Syukuri saja prosesnya. Karena hal apapun akan menjadi lebih menyenangkan ketika kita menikmati dan mensyukuri segala prosesnya”.

Semoga Bermanfa’at ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kunjungi Tempat Wisata Di Bawah Ini Dengan Sewa Elf Jakarta Ke Cianjur

Sewa Elf Jakarta Ke Cianjur - Tidak jauh dari Jabodetabek aku percaya Kamu telah tahu dengan salah satu kota di Jawa Barat...

Apa Itu Pinjaman Online Dan Daftar Fintech Lending Legal Di Ojk

Bahkan beberapa hari yang lalu, Polisi telah melakukan penggerebekan terhadap salah satu jasa pinjaman on-line unlawful. Suku bunga di Tunaiku bersaing yaitu 2% -...

Sewa Elf Dari Jakarta Ke Bandung Untuk Membawa 1 Team Sepak Bola Bisa?

Sewa Elf Dari Jakarta Ke Bandung – Untuk kamu yang lagi mencari mobil buat kebutuhan liburan ataupun mencari mobil yang dapat disewa...

5 Ideas Memilih Pinjaman Uang Online Langsung Cair Saat Pandemi!

Ini karena pihak perusahaan kesulitan untuk memproses verifikasi knowledge kamu melalui nomor telepon. Pinjaman on-line legal hanya akan meminta izin akses digicam, microphone, dan...

Recent Comments